Pengertian Periodisasi Dan Kronologi Sejarah Beserta Penjelasannya

Pengertian Periodisasi Dan Kronologi Sejarah Beserta Penjelasannya



Berikut ini merupakan Periodisasi Sejarah dan Kronologi Sejarah yang perlu kita ketahui berasama.

Periodisasi Sejarah

  • Pengertian periodisasi
Dalam ilmu sejarah dikenal adanya periodisasi atau pembabakan waktu. Periodisasi atau pembabakan adalah salah satu proses strukturisasi waktu dalam ilmu sejarah dengan membaginya atas beberapa babak, zaman, masa, atau periode. Periodisasi atau pembabakan itu dianggap sangat penting, karena sangat banyaknya peristiwa-peristiwa masa lampau. Oleh karena itu, perlu adanya pengelompokkan menurut sifat, unit, atau bentuk agar terbentuk satu kesatuan waktu tertentu. Periodisasi atau pembabakan sejarah, tidak hanya memudahkan para sejarawan, tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mempelajari dan mengetahui berbagai peristiwa sejarah secara periodik.


  • Tujuan periodisasi atau pembabakan
Para sejarawan mengadakan periodisasi atau pembabakan dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Memudahkan pengertian bagi sejarawan, peminat, pembaca, dan pemerhati sejarah pada umumnya.
  2. Memudahkan kiasifikasi dalam ilmu sejarah.
  3. Menyederhanakan banyaknya peristiwa sejarah yang beraneka ragam sehingga mudah dipahami.
  4. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.
  • Kriteria periodisasi atau pembabakan sejarah
Faktor-faktor yang menjadi kriteria dalam menyusun periodisasi. atau pembabakan sejarah antara lain didasarkan pada satuan waktu secara kronologis, dinasti, dan perjuangan.

Secara garis besar dan seluruh kurun waktu kehidupan manusia sejak awal hingga sekarang, zaman dibagi dua, yaitu zaman prasejarah dan zaman sejarah. Bagi Indonesia khususnya, dikenal tiga zaman, yaitu zaman prasejarah, zaman proto sejarah, dan zaman sejarah.

Kronologi Sejarah

  • Pengertian Kronologi
Kronologi sejarah adalah susunan waktu secara berurutan dan sistematis, dan setiap peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi. Penyusunan kronologi oleh para sejarawan bertujuan untuk menempatkan skenario peristiwa sejarah dalam seting waktu, agar memudahkan setiap orang yang ingin mengetahui peristiwa sejarah secara berurutan dan sistematis.

Sebagai contoh kronologi sejarah:


Sumber Pustaka: Yudhistira