5 Macam Norma Beserta Pengertiannya

5 Macam Norma Beserta Pengertiannya



Norma yang berlaku dalam masyarakat ada bermacam-macam, antara yang satu dan Iainnya saling berhubungan dan membentuk suatu jaringan yang disebut sistem norma. Inisalnya, norma kesopanan berhubungan dengan norma agama, norma agama berhubungan dengan norma hukum, dan norma hukum berhubungan dengan norma ekonoini. Sedikitnya ada lima norma pokok, yakni norma agama, norma kelaziman, norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma hukum.



Norma Agama


Merupakan norma yang berhubungan dengan agama, berisi petunjuk hidup yang berasal dan Tuhan bagi penganut-Nya agar mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi Iarangan-Nya. Dalam ajaran agama ada petunjuk perilaku yang dianjurkan yaitu perilaku yang baik agar mendapat pahala, dan ada larangan yang tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar, orang tersebut bukan hanya merasa berdosa, tetapi ia akan mendapat hukuman dan Yang Maha Esa dalam kehidupan di akhirat.

Norma Kelaziman


Merupakan aturan yang berhubungan dengan kebiasaan masyarakat yang umumnya dilakukan tanpa pikir panjang, karena kebiasaan itu dianggap baik, sopan dan sesuai dengan tata krama. Sifat kelaziman ini berbeda-beda dan waktu ke waktu, dalam setiap bangsa, dan pada tempat yang berbeda. Misalnya, menyangkut cara makan, cara ininum, berbicara, juga berpakaian. Orang yang melakukan penyimpangan terhadap norma kelaziman ini akan dianggap aneh.

Norma Kesusilaan


Merupakan aturan yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk yang bersumber dan hati nurani. OIeh karena itu, norma ini dapat berupa perintah yang datang dan hati nurani. Misalnya, suara hati berkata untuk benlaku jujur atau dapatjuga berupa larangan untuk tidak menyontek pada waktu ujian. Setiap orang di dunia memiliki norma i, tetapi dalam bentuk dan perwujudan yang berbeda. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan ini dianggap salah atau jahat, sehingga pelanggarnya akan diejek atau diusir.

Norma Kesopanan


Merupakan aturan hidup dan pergaulan sekelompok masyarakat dan dianggap sebgai tuntunan pergaulan sehari-hari, artinya bagaimana seseorang harus bertingkah laku terhadap orang lain. Ukuran kesopanan masyarakat yang satu dengan yang lamnnya biasanya berbeda. Misalnya, memberikan sesuatu dengan menggunakan tangan kin atau dengan cara melempar dan meludah di sembarang tempat, semuanya dianggap tidak sopan di suatu negara. Tetapi mungkin di negara lain berbeda.

Norma Hukum


Merupakan aturan tertulis maupun tidak tertulis yang berisi perintah dan larangan yang memaksa dan memberikan sanksi yang tegas bagi pelanggarnya. Norma hukum merupakan hukum formal yang berlaku dalam masyarakat suatu negara yang dibuat oleh pemerintah berupa undang-undang, peraturan pemerintah juga peraturan menteri.
Sumber Pustaka: Yudhistira