Akibat Bila Warga Negara Tidak Turut Serta Dalam Usaha Bela Negara

Akibat Bila Warga Negara Tidak Turut Serta Dalam Usaha Bela Negara



Kamu telah memahaini bahwa upaya pembelaan negara merupakan hak dasar sekaligus kewajiban setiap warga negara. Suatu kehormatan bagi kamu bila kamu mampu menyumbangkan darma baktimu demi bangsa dan negara. Kelangsungan hidup bangsa dan negara tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan keamanan saja, namun merupakan tanggung jawab seluruh warga negara.

Semangat kebangsaan dan cinta tanah air harus kamu patri dalam hati. Sehingga kamu meiniliki semangat dan tekad untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bila warga negara tidak ikut serta dalam pembelaan negara akan membawa dampak yang dapat menghancurkan bangsa dan negara. Dampak atau akibat tersebut antara lain berikut ini.



Terancamnya Stabilitas Nasional


Setiap negara senantiasa menghadapi berbagai hambatan dan ancaman baik dan dalam maupun luar negeri. Bila terjadi kekacauan, teror, ancaman invasi dan negara lain, penyelundupan, penjajahan, dan sebagainya, maka negara harus mampu mengatasinya. Bagaimana mungkin aparat pertahanan keamanan yang jumlahnya sangat terbatas mampu menjaga stabilitas nasional tanpa didukung warga negara.

Pemerintahan Tidak Stabil


Bila semua warga negara pasif (tidak mengambil peran dalam upaya pembelaan negara), maka akan menghambat penyelenggaraan negara. Hal ini bisa mengakibatkan negara tidak mampu melaksanakan fungsmnya. Misalnya, pelayanan publik terhambat dan pembangunan tidak lancar yang pada akhirnya akan merugikan seluruh masyarakat.

Keutuhan Wilayah dan Kedaulatan Bangsa Terancam


Salah satu tujuan upaya pembelaan negara yaitu menjamin keutuhan wilayah dan kedaulatan bangsa. Bila warga negara tidak aktif berperan serta, maka akan terjadi rawannya keamanan dan ketertiban, serta negara tidak mampu menghalau segala ancama baik dan luar maupun dan dalam negeri. Akibatnya, kemerdekaan yang telah diperjuangkan ratusan tahun bisa jatuh ke neara lain. Artinya, kedaulatan bangsa dan negara menjadi roboh.

Kamu sebagai generasi penerus bangsa memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Tugas generasi penerus antara lain untuk mempertahankan dan sekaligus mengisi kemerdekaan demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kamu wajib memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa. Kamu juga wajib memiliki sikap dan semangat rela berkorban demi bangsa dan negara dan demi menjamin tetap tegak dan berdirinya negara Republik Indonesia.
Sumber Pustaka: Yudhistira