Fungsi Norma Sosial Dan Definisinya

Fungsi Norma Sosial Dan Definisinya


Norma sosial memiliki fungsi-fungsi, yaitu sebagai berikut.

  1. Sebagai faktor perilaku yang memungkinkan seseorang untuk menent ukan lebih dulu bagaimana tindakannya akan dinilai oleh orang lain.
  2. Aturan yang mendorong seseorang atau kelompok untuk mencapai nilal-nilai sosial.
  3. Sebagai unsur pengendali dalam hidup bermasyarakat.


Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai dan norma sosial memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, karena nilai-nilai dan norma itu menjadi orientasi, arah dan tujuan dalam setiap tindakan melalul hubungan antarwarg masyarakat.

Nilai sosial berfungsi mendorong, memotivasi manusia melakukan perbuatan tertentu untuk memperoleh sesuatu yang dianggap berharga, penting dan berguna. Wujudnya dalam perilaku harus sesuai dengan norma- norma yang berlaku dalam masyarakat.

Dengan demikian, norma dan nilai sosial merupakan pedoman dan pendorong perilaku seseorang dalam masyarakat.Jika anggota masyarakat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, akan terwujud kehidupan masyarakat yang teratur, tertib dan aman. Sebaliknya, jika warga berperilaku menyimpang dan nilai dan norma, akan timbul ketegangan sosial yang mengarah pada kekacauan.
Sumber Pustaka: Yudhistira