Makna Amandemen UUD 1945 Bagi Kehidupan Negara RI

Makna Amandemen UUD 1945 Bagi Kehidupan Negara RI



Makna amandemen UUD 1945 dapat ditinjau dan dua sudut pandang.

Bagi Penyelenggaraan Negara RI

Adanya amandemen UUD 1945 memberi landasan yang tegas dan jelas tentang penyelenggaraan negara. Sehingga akan memudahkan bagi para penyelenggara2 negara dalam melaksanakan tugas guna mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara. Amandemen UUD 1945 mendorong terwujudnya penyelenggaraan negara hukum yang demokratis dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa guna mewujudkan tujuan nasional.



Bagi Masyarakat dan Warga Negara

Adanya amandemen UUD 1945 yang di dalamnya Iebih banyak diatur tentang hak-hak warga negara akan menjamin perlindungan hak asasi manusia. Di sisi lain, UUD 1945 mendorong peran aktif warga negara dalam menentukan arah perjalanan bangsa menuju kesejahteraan bersama.

Adanya keseimbangan antara perlindungan hak-hak dengan partisipasi warga negara akan mendorong terwujudnya civil society atau masyarakat kewargaan yang dinamalcan masyarakat madani.

Masyarakat madani adalah masyarakat yang otonom atau mandiri dalam hal terjalinnya hubungan sosial antarpribadi, kewargaan, kemasyarakatan, dan keluarga tanpa tekanan dan pemaksaan dan penguasa.

Setiap warga memihki tanggung jawab terwujudnya kesejahteraan bersama sesuai bidang dan profesinya masing-masing. Dalam masyarakat madani, setiap anggota masyarakat menyadari akan adanya perbedaan-perbedaan pandangan. Namun demikian, setiap anggota masyarakat senantiasa mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan kesejahteraan.
Sumber Pustaka: Yudhistiara