Sikap Warga Negara Terhadap Pihak-Pihak Yang Akan Menghancurkan Negara Kesatuan RI

Sikap Warga Negara Terhadap Pihak-Pihak Yang Akan Menghancurkan Negara Kesatuan RI



Sebagai warga negara yang lahir, mencari nafkah, dan hidup di bumi pertiwi Indonesia kamu wajib berperan serta dalam upaya mempertahankan keutuhan negara. Dalam melakukannya, kamu harus menghadapi segala ancaman dan gangguan yang akan menghancurkan Indonesia. Caranya yaitu sebagai berikut.


  1. Meningkatkan kewaspadaan nasional di berbagai bidang kehidupan. Sehingga segala bentuk ancaman dan gangguan dapat diketahui sedini mungkin. Dengan demikian, setiap warga negara segera dapat melakukan pencegahan.
  2. Meninglcatkan kualitas hidup din dan bangsa, sehingga negara Indonesia tidak bergantung dengan negara lain yang mengakibatkan negara Indonesia disetir negara lain.
  3. Memperkokoh jati din bangsa serta persatuan dan kesatuan bangsa sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan besar.
  4. Memupuk jiwa dan semangat nasionalisme dan patriotisme. Dengan nasionalisme akan tertanam semangat cinta tanah air sehingga menimbulkan sikap rela berkorban deini bangsa dan negara.
  5. Berperan dalam upaya bela negara dengan mengikuti pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar keiniliteran, pengabdian sebagai prajurit TNI, dan pengabdian sesuai profesi atau bidang keahlian masing-masing.
  6. Mengikuti mobilisasi dalam mempertahankan bangsa dan negara bila sewaktu-waktu negara sangat membutuhkan.
Setiap orang harus menyadani bahwa tegaknya NKRI ada di tangan warga negaranya. Termasuk kamu sebagai pelajar wajib menunjukkan bakti kepada negara. Caranya dengan rajin belajar dan giat bekerja agar negara Indonesia tidak terpuruk dan jatuh pada cengkeraman bangsa lain. Perjuangan para pahlawan Indonesia dalam mencapai kemerdekaan harus kamu hargai dan tidak boleh disia-siakan.
Sumber Pustaka: Yudhistira